13.02
3


Teknologi broadcasting televisi nampaknya akan terus berkembang, era digital telah merubah segalanya. Dengan kemajuan teknologi kini memungkinkan hampir semua kamera memiliki kontrol otomatis, maka siapapun yang menggunakan kamera video akan sangat mudah untuk mengoperasikannya.

Jadi mengapa seorang calon kameraman harus memiliki pengetahuan tehnik kamera ? entah mulai dari hal-hal terkecil yang mungkin tidak penting tapi angat fatal apabila tidak mengikuti konsepan. Mengapa kita harus mempelajari teknik kamera dasar ? karena kualitas gambar, artistik serta kordinasi antara editor harus sepaham.

Bagi kalian semua yang ingin menjadi seorang kameramen profesional disini saya akan berbagi dan memberikan 10 tips mengenai teknik kamera dasar bila sedang terjun liputan ke lapangan.
Dalam sebuah tayangan pemberitiaan lewat televisi , kualitas video lah yang akan menjadi kekuatan utama dalam memberikan tayangan berita bagi para pemirsanya. Tidak sembarangan dan tidak mudah untuk menjadi seorang kameramen.

Makannya bagi seorang kameramen , minimal harus memahami teori dan menguasai teknik dasar dalam pengambilan gambar. Ini dia 10 tips dasar bagi seorang  kameramen.

     1.      Yang pertama yaitu, diskusikan dan prediksikanlah terlebih dahulu hal yang tidak terduga yang akan terjadi tentang apa yang akan kamu liput terlebih dahulu

      2.      Merekamlah dengan selektif jangan ada gambar mubazir atau goyang, dan jangan pernah ragu-ragu untuk mengambil sebuah gambar adalah sebuah gambar yang dihasilkan oleh kameramen.

      3.      Jika harus mengarahkan obyek jangan mengarahkan sambil merekam. Tapi arahkan dulu lalu merekam. Bila perlu kamu memberi contoh dulu baru rekamlah.

      4.      rekamlah dalam berbagai sudut pandang yaitu ada long shoot nya, full shot nya, medium shoot nya, detail shoot, juga variatif angle. Dan ingat jangan mengulang gambar dengan obyek,  komposisi,  dan angle yang sama. Ini agar memudahkan editor untuk selektif memilih videonya.

      5.      Selalu gunakan tripod  bila ketika merekam subyek yang diam dan wawancara subyek yang sedang duduk. Fungsinya agar subyek diam tidak goyang juga jangan pernah ragu untuk mengambil gambar Extrem Close Up bila di butuhkan

      6.      Jangan malas. Dekatilah obyek ketika mengambil gambar bila diperlukan dan minimalis zoom in itu bisa membuat gambar akan labil dan goyang. Karena seorang kameramen itu harus mobile kesana kemari.

      7.      Rubahlah angle dan sudut pandangan seindah mungkin. Jangan perlakukan kamera seperti mata kamu sendiri. Dan intinya kameramen itu harus kreatif dalam segi memandang sekitar.

      8.      Tebarlah pandangan kemanapun, jangan lengah, waspadai setiap momen, serta Jadilah peramal dan prediksikan apa yang akan terjadi nanti. Kameramen itu harus banyak akalnya ketika sedang dalam peliputan.

      9.      Buatlah oleh sendiri sedikit efek untuk membuang kebosanan gambar, contohnya kaya mengganti Focus antar satu subyek ke subyek yang lain atau Efek Background menjauh/mendekat dari subyek menggunakan zoom in zoom out, pan kiri ke kanan atau sebaliknya dan lain lain sesuka hati kalian saja

     10.   Cobalah sesekali mengedit karena dengan begitu kamu akan tahu gambar apa yang mubazir dan mana yang kamu butuhkan. Karena terkadang apa yang diharapkan oleh editor  itu  berbeda dengan apa yang di inginkan oleh kameramen.

dan ada beberapa tambahan hal-hal kecil yang harus di pahamai bagi seorang kameramen, yaitu pelajari pengoprasian kamera terutama fungsinya. Berlatihlah sesering mungkin merekam suatu visual dalam sebuah squence. Lalu Hafalkan dan pahami dasar - dasar fotografi termasuk angle komposisi, ukuran shot dan berbagai istilah broadcasting.

Percayalah jika semua point-point di atas telah anda kuasai , anda telah siap untuk terjun ke dunia pertelevisian.


Itulah beberapa tips dasar bagi kameramen buat yang ingin menjadi kameramen.  walaupun masih pemula  suatu saat  nanti apabila skill lebih sering di asah saya jamin pasti akan jadi kameramen profesional.  Amieeennnn. Semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. Gokil Sobh infonya
    ditunggu kunjungan baliknya :D
    www.ptda-pski.net

    BalasHapus
  2. Kalo mau merekam suatu pertunjukan musik agar lagunya tidak terpotong apakah harus merekam continue tanpa pause?kalo di pause gimana cara me nyinkronkan audio dan videonya?trim

    BalasHapus