01.35
0
tahukah anda , mengapa hompimpa  selalu di gunakan, dalam setiap sebelum memulai permainan tradisional indonesia.




siapa yang tidak tahu dengan kalimat hompimpa alaium gambreng. kalimat yang selalu di lantunkan oleh anak-anak ketika sedang bermain ini, menjdai misteri mengapa anak-anak selalu mengucapkan kalimat ini saat bermain, dan darimana asalnya kalimat itu, sehingga menjadi turun temurun ke generasi anak-anak selanjutnya

Hompimpa mencerminkan sikap bermusyawarah yang tinggi, serta melatih sikap menerima kesepakatan. sehingga menumbuhkan sikap kebersamaan antar individu.

Hompimpa adalah sebuah cara yang adil untuk menentukkan siapa yang menang, dan siapa kalah. peserta yang melakuykannya pun akan menerima dengan hasil yang terbuat secara tidak sengaja itu.

Dengan menggunakkan telapak tangan yang dilakukkan oleh minimal tiga orang atau lebih, secara bersama-sama perserta mengucapkan Hom-Pim-Pa sambil mengnyapu kan tangan ke kiri dan kanan, lalu mengucapkan Alaium-Gambreng dengan  menghadapkan telapak tangan kita menghadap ke atas atau ke bawah.

lalu setelah memperkurang peserta hingga 2 orang, peserta tersebut melakukan suten untuk menentukan terakhir siapa yang kalah dan yang menang.

masih belum jelas entah dari bahasa mana kalimat itu berasal, namun salah satu siaran di televisi pernah menjelaskan arti dari kalimat tersebut. Yaitu "Hompimpa Alaium Gambreng" adalah Dari Tuhan Kembali Ke Tuhan Mari Kita Bermain. 


0 komentar:

Posting Komentar